Uncategorized

Dadi Guru Basa Jawa Iku Ora Gampang, Nganti Ora Ana perform Buka Kursusan

Sedangkan Yai Sidah menebang hutan yang ada di timur sungai. Hingga datanglah Yai Blojo Musti dan Nyai Blojo Musti dari daerah Kedu.


Padahal arti lamis tidak ada hubungannya dan tidak mempunyai kedekatan/persamaan makna dengan kata abang-abang atau lambe sendiri. Disinilah bentuk padanan fungsional dalam ditemukan dalam tembung entar ini. Walaupun merupakan motif penyimpangan tembung entar terkait tetap memiliki fungsi estetika, yang maknanya terdapat unsure keindahan.


Sedangkan Foregrounding of the sentence nyskapande adalah ketika tafsirannya gak diharapkan bermakna lain, tidak merupakan nesu. Biasanya Foregrounding of the sentence muncul dalam orang yang tidak berbahasa Jawa. Abang-abang lambe Arti harfiah dari tembung entar diatas, tetap bermakna seperti kata aslinya. Namun kenyataannya tembung entar diatas mempunyai makna Lamis.


entar tersebut memiliki fungsi estetika guna memberikan kesan keindahan. Nyolok mata Tembung entar tersebut bermakna cetha wela-wela. Bila dialih bahasakan ke dalam bahasa Indonesia tembung entar tersebut bermakna terlihat dengan jelas sekali. Sebenarnya makna dan tembung entarnya sendiri sangat jauh maknanya.


Mereka berdua bahu-membahu menebang pepohonan yang terdapat di hutan tersebut untuk di jadikan rumah. Contoh tembung entar lan tegese lan ukarane bisa disinau e bab wulangan ngisor iki. (terjemahan; Contoh tembung entar dan artinya dan kalimatnya dapat dipelajari di bab berikut ini).


Namun apabila dimaknai sebutan demi kata adalah sebagai berikut; kata abang sendiri merupakan nama sebuah warna yaitu merah, sedangkan Kuping bermakna tetap kuping. Sehingga makna dalam tembung entar tersebut jauh dari makna harfiahnya. Dengan kata lain hal ini dikatakan penyimpangan padanan fungsional, yaitu pada hal fungsi estetika. Pada penyimpangan ini dapat ditentukan dua buah unsur yaiut Automatization dan Foregrounding from the sentence. Automatization adalah adik kupinge yang bermakna nesu, jadi tafsiran ini terkadang telah diharapkan oleh penutur bahasa Jawa.



Dengan kata lain makna yang muncul dari tembung entar tersebut adalah makna konotasi. Jadi sebenarnya makna tersebut untuk sebagian jamaah, yaitu orang diluar jamaah jawa menganggap makna ini sebagai makna yang tidak diharapkan. Dengan kata lain sebagai makna Foregrounding of the sentence. sedangkan bagi jamaah jawa makna dari tembung entar tersebut adalah Automatization. Yang juga merupakan motif penyimpangan yang menghasilkan fungsi estetika. Tembung Entar Berunsur Kata Kuping Abang Kupinge Tembung entar abang kupinge dalam bahasa Jawa nesu.